Seminar Kewirausahaan

Tegal, 13 Oktober 2015 Prodi Farmasi Politeknik Harapan Bersama Tegal mengadakan Seminar kewirausahaan dengan Tema EKSPLORASI DIRI DENGAN PRODUKTIF TOTALITAS, bertempat Di Aula kampus tersebut dengan jumlah peserta 300 Mahasiswa DIII Farmasi semester III dan V.

Acara ini dibuka langsung oleh Ketua Yayasan Politeknik Harapan Bersama Tegal Khafdillah, MS, S.Kom, SH, Menurut Heru Nurcahyo, S.Farms, M.Cs Ka. Prodi Farmasi menyampaikan Membangun usaha secara mandiri, bagi sebagian penduduk Indonesia usia produktif masih menjadi pilihan nomor dua, dibandingkan dengan pilihan menjadi pekerja atau karyawan. Saat ini jumlah populasi wirausaha di Indonesia baru mencapai angka 0,43% dari total populasi usia produktif, angka ini sangat jauh tertinggal jika dibandingkan dengan beberapa negara tetangga, seperti Singapura yang jumlah wirausahanya sudah mencapai 7%, Malaysia 5%, dan Thailand 3%. Heru menambahkan Indonesia menempati urutan 120 atau naik delapan peringkat dibandingkan 2013. Di antara negara-negara ASEAN, posisi Indonesia berada di bawah Singapura (urutan pertama), Malaysia (urutan keenam), Thailand (urutan 18), Brunei Darussalam (urutan 59), Vietnam (urutan 99) dan Filipina (urutan 108). Jumlah wirausahawan akan meningkat menjadi sekitar lima persen dari populasi Indonesia dalam lima sampai 10 tahun ke depan atas dasar sersebut maka Prodi Farmasi mencoba memberikan pemahamana wirausaha bagi tenaga kefarmasian melalui seminar ini.

Ketua panitia Rizki Febriyanti, S.Farm., Apt dalam Laporannya menyampaikan bahwa tujuan umum diadakannya acara ini adalah bagaimana  Membangun daya pikir mahasiswa dalam menggali potensi diri dalam berwirausaha serta  Mengetahui tentang langkah-langkah dalam memulai berwirausaha Pembicara dalam seminar tersebut Teguh Uji Sungkowo, S.Si., Apt, mengatakan bahwa Untuk menjadi Seorang wirausahawan/wati Niat kita harus mempunyai bekal antara lain :  tekat, bulat, Ilmu, Ketrampilan/kemampuan (memulai, kreatif, kesempatan, berani beresiko, inovatif), Sikap/perilaku, Target, Finansial.

@bunghasta
16 Oktober 2015 13:51:49 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan