Senit (Seminar Nasional IPTEK Terapan) 2016

@bunghasta 18 April 2016 16:59:33 WIB
Politeknik Harapan Bersama

Pembangunan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK) pada hakekatnya ditunjukan untuk meningkatkan kesejahteraan masayarakat dalam rangka membangun peradaban bangsa, sejalan dengan paradigma baru pada era globalisasi yaitu Tekno-Ekonomi, teknologi menjadi faktor yang memberikan kontribusi signifikan dalam peningkatan kualitas hidup suatu bangsa. Dengan ada nya hal itu Politeknik Harapan Bersama Tegal di pada Unit Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat mengadakan Acara Seminar Nasional IPTEK Terapan dengan tema Pengembangan Sumberdaya Lokal Berbasis IPTEK, pada hari Kamis 14 April 2016 bertempat di Auditorium gedung C kampus Politeknik Harapan Bersama. Acara ini bertujuan Menyediakan media publikasi ilmiah tingkat nasional kepada dosen/peneliti dalam rangka publikasi hasil penelitian, dengan jumlah peserta 81 dan 34 Pemakalah dari berbagai perguruan tinggi negeri se Indonesia antara lain dari UNDIP, ST3 TELKOM, UMUS, UDINUS, Politeknik Harapan Bersama dll.

Ketua panitia seminar, Trima Mustofa, S.ST. didampingi ketua P3M Dairoh, M.SC menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini antara lain Menyediakan media publikasi ilmiah tingkat nasional kepada dosen/peneliti dalam rangka publikasi hasil penelitiannya; Memberikan informasi dan pengetahuan seluas-luasnya kepada masyarakat terkait berbagai hasil penelitian terbaru yang dilakukan dosen/peneliti dan Meningkatkan semangat publikasi Hasil Penelitian Dosen baik dilingkungan Politeknik Harapan Bersama dan dosen dari Perguruan Tinggi lain serta Membangun jaringan kerja (networking) di antara komunitas ilmuwan dalam pengembangan kapasitas penelitian dan publikasi di jurnal nasional.

Arfan Haqiqi Sulasmoro, M.Kom selaku Wakil Direktur I Politeknik Harapan Bersama dalam sambutannya mengemukaan bahwa dosen itu harus melakukan penelitian dan pengabdian masyarakat terkait adanya Tri Dharma Perguruan Tinggi, agar nantinya Dosen itu tidak hanya mengajar saja, karena dosen itu berbeda dengan guru.

Acara ini mengudang pemateri yang luar biasa di bidangnya yang pertama Ardiansyah Rasyid SE., M.Si., Ak., CA. dari Universitas Tarumanegara, beliau lebih sepesifik di bidang Pulishing Research Work To Journal yang artinya Jurnal itu jangan hanya di Nasional saja tetapi harus sudah menembus Internasional. Dan pembicara yang kedua Dr. Eng., Sidiq Syamsul, ST.MT dari Politeknik Negeri Semarang, beliau mengajarkan tips dan trik agar jurnal bisa di publikasi dan bisa mendapatkan dana hibah dari pemerintah.

Acara ini tidak hanya seminar saja tetapi pada akhir seminar semua peserta di kelompokan masing-masing dan di bagi 4 kelas untuk mempresentasikan hasil penelitiannya ke peserta lain dengan Moderator, Ginanjar Wiro Sasmito M.Kom dan Yeni Priatna Sari, SE. M.Si.

@bunghasta
18 April 2016 16:59:33 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan