Tetap Produktif di Kala Pandemi

Pada masa pandemi ini, Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin mengadakan webinar nasional dengan tema “Pemanfaatan Media Sosial dan Bisnis Kreatif dalam Berwirausaha di Era Milenial”. Seiring perkembangan zaman, teknologi sudah mulai menjadi solusi efektif untuk mengatasi berbagai masalah. Tak terkecuali, di dunia pendidikan dan penyebaran informasi. Saat ini, webinar adalah salah satu media yang mulai digunakan untuk membagikan informasi. Apakah kamu pernah mendengar nama webinar ini?

Webinar adalah singkatan dari web seminar, yaitu seminar yang dilakukan melalui situs web atau aplikasi berbasis internet. Seminar ini memungkinkan pembicara membagikan materi melalui media elektronik maupun internet.

Himpunan Mahasiswa Teknik Mesin dapat  menarik para perhatian 508 peserta yang berasal dari dalam negeri maupun luar negeri pada hari Selasa, 08 September 2020. Acara yang mendapat dukungan penuh dari para dosen Program Studi (Prodi) D3 Teknik Mesin dan mendapat apresiasi positif dari Ketua Prodi D3 Teknik Mesin Drs. Agus Suprihadi, M.T. Dalam sambutannya beliau sangat antusias dengan acara ini karena topik yang dipilih sangat fokus dan spesifik, yaitu tentang berwirausaha di era milenial.

Acara webinar nasional tersebut di moderatori oleh Firman Lukman Sanjaya, S.T,M.T  selaku Dosen Prodi D3 Teknik Mesin. Pada acara tersebut pemateri pertama disampaikan  oleh Manager PT. AHM Ir. Rusman Kosasih M.T. Ia menyampaikan berwirausaha di era milenial ini banyak sekali peluang bisnis kreatif dalam berwirausaha lewat media sosial atau disebut juga digital marketing. “Kita dapat berjualan melalui Aplikasi Facebook, Instragram, Wassap dll melalui media tersebut dapat mempermudahkan si penjual untuk mepromosikan jualanya ke para konsumen dengan cepat dan efesien,” kata Rusman.

Pemateri yang ke dua disampaikan oleh Tommy Wong beliau adalah pemilik perushaan Victorindo GadgetStore. Tommy Wong bercerita bahwa sejak masih duduk di bangku SD kelas 4 Ia adalah seorang penjual koran. Ia berjualan koran untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Awal Ia merintis karir ketika berangkat ke kota Jakarta untuk melamar pekerjaan di berbagai perusahaan tidak ada yang mau menerima dirinya. Namun berkat kegigihan dan kemauan Tommy untuk berkerja, dia akhirnya berhasil menyakinkan salah satu toko ponsel elektronik dengan digajih separuhnya dengan beban kerja dua kalilipatnya berkat kegigihannya Tommy Wong berhasil menempati jabatan sebagai General Manager, Ia bukan hanya saja berhasil menjual tapi juga mampu membangun sejumlah cabang diberbagi Mall. Beliau dalam menyampaikan materi tersebut menambahkan bahwa hidup itu seperti roda yang berputar kadang diatas maupun di bawah kunci merahi kesuksean adalah dengan semangat tekun ulet dan etos kerja tinggi dapat melalui rintangan tersebut dapat merahi kesuksesan.

Menurut Misbahul Azhar selaku ketua panitia dalam acara webinar nasional  berpendapat manfaat yang dirasa setelah mengikuti webinar tersebut yaitu “Ya alhamdulillah banyak sekali manfaat dan ilmu yang saya dapat untuk bekal suatu saat nanti saya punya usaha, saya juga dapat memotivasi diri bahwa yang terpenting adalah kasih sayang kepada ke dua orang tua uang bisa dicara tetapi orang tua tidak, barang bisa dibeli tapi umur tidak akan pernah bisa dibeli. Saat saya menelaah kehidupan Pak Tommy serasa saya itu tidak ada apa-apanya ketimbang Pak Tommy, beliau dulunya penjual koran aja bisa sukses kenapa saya tidak?” kata Misbahul.

 Harapan Misbahul Azhar kepada para peserta yaitu untuk bisa berkembang di era milenial ini semua serba canggih maka dari itu dibutuhkan orang – orang kreatif yang bisa berinovasi  dan memiliki semangat juang yang tinggi.

Penulis: Trisno Harjono

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan