Tingkatkan kemampuan IT, D4 Teknik Informatika adakan Pelatihan Remastering Linux

POLTEK HARBER - Banyak Orang beranggapan bahwa teknologi mengalami puncak kejayaanya pada tahun 2010 keatas, hal ini ditandai dengan makin mudahnya orang bisa mendapatkan informasi baik itu melalui internet, telpon genggam, TV dan lainnya dan perkembangan terus meningkat. Dalam dunia ilmu komputer dikenal sebuah istilah dengan nama Open source, open source ini adalah istilah yang digunakan untuk software yang membuka atau membebaskan source codenya untuk dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada software tersebut. Yang menarik, salah satu keunggulannya adalah bahwa Open source software hampir dapat diperoleh dan digunakan secara gratis tanpa perlu membayar lisensi.

Salah satu open source yang sering kita kenal adalah Sistem operasi Linux, merupakan sistem operasi dengan berbagai macam platform yang sifatnya tidak berbayar dan orang yang menggunakan tidak perlu membayar lisensi seperti Sistem operasi lainnya. Dalam dunia pekerjaan maupun dunia industri, SO (Sistem Operasi) linux sudah banyak dikembangkan dan dipergunakan, hal inilah menjadi tantangan tertentu bagi para developer bidang IT untuk lebih banyak mempelajari dan mengembangkan linux.

Program studi D4 Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama tegal sebagai institusi tempat penyedia jasa  bagi para mahasiswa calon developer IT, merasakan perlu untuk menjawab tantangan perkembangan SO linux ini dengan cara mempersiapkan mahasiswa agar bisa mempelajari dan mengembangkan Linux  sehingga teknologi ini bisa dikuasai dan dapat dikembangkan. Tepatnya dimulai hari Sabtu (8/3) kemarin D4 Teknik Informatika Poltek Harber Tegal mengadakan sebuah kegiatan acara pelatihan Remastering SO linux bertempat di kampus  1 Gedung A PoliTeknik HB tegal yang diikuti oleh sekitar 80 orang mahasiswa D4 Teknik Informatika. Kegiatan ini akan diadakan sampai dengan tanggal (29/3) dengan waktu pelatihannya  yaitu setiap seminggu sekali  dengan 4 kali tatap muka dalam satu bulan, adapaun instruktur yang memberikan materi pada pelatihan ini adalah Sdr. Ahmad Sutanto, S.Kom yang kebetulan beliau adalah staf IT PoliTeknik Harber Tegal.

“Pelatihan ini harapannya bisa memberikan pengetahuan kepada mahasiswa, khususnya D4 Teknik Informatika agar bisa mengetahui cara-cara dalam me-remastering SO linux, sebagaimana yang kita ketahui bahwa Linux ini sudah bisa dikatakan menjadi trend penggunaanya di setiap instansi pemerintah,swasta maupun” ujar Ginanjar Wiro Sasmito, M.Kom selaku Ka. Prodi D4 Teknik Informatika PoliTeknik HB Tegal. Ginanjar menambahkan pelatihan ini menjadi kegiatan perkuliahan di semester 2 saat mahasiswa mengikuti perkuliahan, saya berharap mahasiswa setelah ikut pelatihan ini sudah memiliki sedikit bekal  pengetahuan untuk bisa dijadikan sebagai bahan diskusi pada saat perkuliahan, terlebih bahwa untuk semester 2 sekarang terdapat mata kuliah yang menunjang yaitu Sistem Operasi, tambahnya.

Masih banyak ilmu di Linux ini yang bisa kita gali, remastering ini merupakan salah satu dari sekian banyak hal yang bisa kita pelajari di Linux.  Harapan saya di pelatihan ini mudah- mudahan mahasiswa bisa menjadi lebih termotivasi lagi untuk mempelajari Linux sehingga mereka bisa lebih memahami lagi semuanya yang ada di Linux dan  banyak hal yang bisa kita pelajarinya, pungkas Ginanjar yang merupakan bapak dari seorang putri ini.

Selaku instruktur, Ahmad Sutanto, S.Kom menjelaskan dalam salah satu sesi pelatihannya mengatakan bahwa remastering ini adalah suatu ilmu atau teknik mengubah, menambah, menghapus paket aplikasi yang berada pada suatu sistem operasi, serta bisa juga menentukkan suatu paket aplikasi yang akan digunakan oleh suatu sistem operasi, yang kemudian kita bisa membuat nama baru dari sistem operasi tersebut, setelah itu di backup dan di jadikan sebagai sistem operasi yang baru. Sutanto menambahkan bahasa sederhananya remastering itu adalah membuat sistem operasi baru dengan paket-paket aplikasi yang diinginkan, yang dalam hal ini yang kita pelajari adalah SO Linux Ubuntu.

Disesi  pelatihan hari pertama, terlihat bahwa semua peserta yang notabene adalah mahasiswa D4 Teknik Informatika sangat antusias mengikuti pelatihan yang diberikan instruktur. Mahasiswa sangat bersemangat  sekali mengikuti pelatihan ini, terlihat dari banyaknya yang aktif bertanya dan serius mengikuti pelatihan ini, ungkap Oman Somantri S.Kom selaku Sek. Prodi D4 Teknik Informatika diruangan terpisah. Harapannya untuk sesi-sesi pertemuan berikutnya para mahasiswa tetap antusias dan bersemangat mengikuti kegiatan ini, tambahnya. (OMAN/D4-TI)

@bunghasta
10 Maret 2014 13:27:08 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan