Tingkatkan Kemampuan Java, Poltek Harber Adakan Kuliah Umum Java Technopreneurship

POLTEK HARBER – Untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dan wawasan mahasiswa DIII Teknik Komputer Politeknik Harapan Bersama Tegal khususnya dalam bidang teknologi JAVA, prodi D3 Teknik Komputer tepatnya Sabtu (1/10) lalu mengadakan acara kegiatan kuliah umum dengan mengambil tema Java Technopreneurship – Peluang wirausaha dengan JAVA : Mobility, Interopability dan BigData. Bertempat di kampus I Poltek Tegal kegiatan diikuti oleh para dosen pengampu mata kuliah PBO dan sekitar 300 mahasiswa semester 3 prodi D3 Teknik Komputer.

Kegiatan kuliah umum ini dibuka langsung oleh Pembantu Direktur I bidang akademik Arfan Haqiqi Sulasmoro, S.Kom. Dalam sambutannya Pudir I mengatakan sangat mengapresiasi apa yang sudah dilakukan prodi dengan mengadakan kuliah umum ini. “Updating ilmu dan peningkatan kemampuan mahasiswa menjadi salah satu konsern kita di Poltek Harber Tegal”, tambah beliau. Selaku Ka.Prodi D3 Teknik Komputer Wildani Eko Nugroho S,Kom dalam sambutannya mengatakan kegiatan yang bertemakan technopreneurship ini menjadi salah satu komitmen prodi D3 teknik komputer dalam mengimbangi persaingan teknologi sekarang ini, dimana seorang mahasiswa lulusan komputer selain kompetensi yang harus dimilikinya bagus, juga harus mempunyai jiwa wirausaha yang tinggi pula, maka dengan menerapkan teknologi sebagai bagian dari cara untuk mencari peluang usaha sangatlah tepat mulai dari sejak perkuliahan mahasiswa diberikan pemahaman seperti itu.

Rais, S.Pd selaku ketua pelaksana kegiatan mengharapkan kegiatan kuliah umum ini semoga bisa memberikan manfaat dan ilmu pengetahuan baru bagi mahasiswa sehingga mahasiswa mempunyai bekal yang cukup setelah lulus kuliah nantinya. Dalam kesempatan itu yang menjadi narasumber adalah Bpk. Frans Thamura, seorang praktisi IT yang juga merupakan seorang pengembang JENI (Java Education Network Indonesia ), seorang Sun Java Champion dari Indonesia dan juga merupakan founder dari Java User Group (JUG) Indonesia.

Pada kesempatan itu materi yang disampaikan adalah mengenai perkembangan bahasa pemrograman Java saat ini dan peluangnya dimasa mendatang. Dalam sesi pemberian materi juga disampaikan pemaparan mengenai update penerapan kurikulum Java pada sebuah institusi pendidikan baik itu perguruan tinggi maupun lembaga sekolah khususnya dikejuruan. Dalam pemaparannya Frans Thamura mengatakan kurikulum ini diberi nama Jeopardy Open Ecosystem (JOE). Frans mengatakan JOE itu sendiri adalah sebuah stack link and match atau seamless education yang membidik segment SMK, D1, D3 dan S1. Frans menambahkan JOE juga merupakan sebuah subset program jTechnopreneur dari Meruvian. “Semoga Politeknik Harber Tegal bisa menjalankan kurikulum ini, karena kurikulum ini sudah dikembangkan sedemikian rupa sehingga mahasiswa lulusan Poltek Harber Tegal bisa bersaing didunia kerja maupun wirausaha”, pungkas Frans.

Terpisah Oman Somantri, S.Kom selaku koordinator pengampu mata kuliah Java Poltek Harber Tegal mengatakan, kuliah umum ini merupakan sebagai implementasi komitmen Poltek Harber Tegal yang tergabung dalam KOPERTIP Indonesia dimana salah satu programnya yaitu membangun sebuah pengembangan kurikulum implementasi Java pada sebuah perguruan tinggi yang lulusannya nanti sesuai dengan kebutuhan stakeholder baik itu untuk peluang usaha maupun bekerja di perusahaan. Sebagai langkah awal maka kuliah umum ini dilaksanakan, mudah – mudahan kurikulum JOE ini bisa secepatnya diimplementasikan oleh kita di Poltek Harber Tegal. (Oman/PHB)

@bunghasta
06 November 2014 19:57:40 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan