Tingkatkan Kinerja Organisasi Siswa Melalui Permainan Interaktif

Dosen Sarjana Terapan Akuntansi Sektor Publik (ASP) Politeknik Harapan Bersama (Poltek Harber) implementasikan metode quantum learning pada Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA Negeri 3 Brebes di Poltek Harber.

Dosen ASP Poltek Harber, Andri Widianto menuturkan, kegiatan tersebut dilatarbelakangi oleh pembelajaran pada masa pandemi yang memberikan arah baru migrasi proses pembelajaran. 

“Tidak hanya interaksi siswa, guru, saja yang terdampak akan tetapi berdampak juga terhadap kinerja organisasi, tidak terkecuali OSIS SMA Negeri 3 Brebes. Selama masa pandemi aktivitas organisasi lumpuh dan diarahkan dalam skema virtual,” kata Andri (09/01/23).

Andri menambahkan, materi kepemimpinan dan manajemen organisasi yang disampaikannya merupakan upaya untuk meningkatkan kemampuan pengurus OSIS pasca pandemi.

“Pengurus OSIS diajak menganalisis terlebih dahulu keadaan organisasinya. Kemudian kami mencoba menerapkan metode quantum learning dalam 6 permainan yaitu Permainan Bola Lempar “BoLem”, Jihandak, SYhGames, Lingkar Lengkung, Guest Strack maupun “Games On”. 

Menurut Andri, permainan tersebut memberikan makna yaitu melatih fokus, pemahaman instruksi, tanggung jawab, saling percaya, dan kerjasama tim serta terbuka terhadap saran atau masukan dari pihak lain.

Adapun peserta kegiatan ini yaitu pengurus OSIS SMA Negeri 3 Brebes yang berjumlah 34 orang. 

“Kegiatan semacam ini sangat bermanfaat, tidak hanya kita mempelajari materi kepemimpinan dan manajemen organisasi saja. Akan tetapi disisipkan dengan permainan di lapangan sehingga sangat mudah diterima dan belajar dengan suasana nyaman dan menyenangkan”, pungkas salah satu pengurus OSIS, Hani Septi.

Hani berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membentuk karakter percaya diri, memiliki rasa kebersamaan, dan menumbuhkan rasa saling percaya antar sesama pengurus OSIS, sehingga pengurus OSIS SMA Negeri 3 Brebes semakin solid dan berdampak positif terhadap performa organisasi di masa yang akan datang.

Admin Humas
16 Januari 2023 16:17:35 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan
Virtual Tour
Hubungi Kami