Tingkatkan Softskill Mahasiswa, Prodi D4 Teknik Informatika Poltek Harber Tegal Adakan Malam Keakraban (Makrab) Mahasiswa

Pembukaan acara Makrab oleh Direktur TEGAL – Sebanyak 130 Mahasiswa prodi D4 Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama dari berbagai angkatan mengikuti kegiatan malam keakraban (Makrab) yang diselenggarakan oleh program studi D4 Teknik informatika bekerjasama dengan ORMATIK (Organisasi Mahasiswa Teknik Informatika) prodi yang diadakan selama dua hari pada Sabtu (3/10) dan  berakhir Minggu  (4/10) bertempat di Bumi Jawa Kabupaten Tegal.  Sesuai dengan tujuan utamanya, selaku ketua ORMATIK, Moh. Ali Maskur mengatakan kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan keakraban antara mahasiswa prodi D4 Teknik informatika. Kegiatan tersebut diisi dengan kegiatan berupa diskusi-diksusi mengenai kemahasiswaan, dialog antara prodi dan mahasiswa, serta kegiatan lain yang bermanfaat seperti kegiatan pentas seni, widegames, dan kegiatan bakti sosial, paparnya.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari tersebut dibuka oleh Direktur Politeknik Harapan Bersama Tegal Bapak Mc.Chambali, B.Eng., M.Kom dalam sebuah upacara khusus yang bertempat di halaman kampus I Gedung C Politeknik Harapan Bersama Tegal. Pada kesempatan itu dalam sambutannya beliau mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan yang dilaksanakan tersebut dan mengharapkan kegiatan ini bisa menjadi agenda rutin prodi dalam upaya peningkatan softskill mahasiswa. Beliau juga mengharapkan agar kegiatan tersebut dapat diikuti oleh peserta dengan baik, “Gunakankanlah kegiatan ini sebagai  salah satu cara Kegiatan WideGames diikuti seluruh peserta untuk mendapatkan ilmu dengan cara saling sharing pengalaman ilmu antar sesama mahasiswa sehingga kita akan lebih siap lagi untuk menjadi mahasiswa yang  siap menghadapi tantangan dimasa depan”, pungkasnya. Pada pembukaan kegiatan tersebut hadir pula ka.Prodi D4 Teknik Informatika Ginanjar Wiro Sasmito, M.Kom beserta seluruh dosen,  Wakil Direktur I bidang akademik, Arfan Haqiqi Sulasmoro, M.Kom serta Wakil Direktur III bidang kemahasiswaan Umi Baroroh, S.ST., M.Kes.

Beberapa kegiatan yang dilaksanakan dalam kegiatan makrab, diantaranya adalah mengenai materi Softskill diisi oleh Ka.Prodi D4 Teknik Informatika dan dilanjutkan dengan dialog terbuka antar Ka.Prodi dan mahasiswa. Dalam dialog tersebut dipaparkan bagaimana peranan prodi dalam upaya peningkatan kemampuan mahasiswa baik itu dari segi hardskill maupun softskill mahasiswa. Antusias peserta kegiatan dalam sesi ini sangat tinggi sekali, ini dibuktikan dengan banyaknya mahasiswa yang bertanya serta mengkritisi apa yang disampaikan oleh pemateri.

Malam harinya diadakan kegiatan Api Unggun yang diisi dengan beberapa kegiatan yang sifatnya untuk menambah kakraban para peserta kegiatan yaitu berupa pemotongan nasi tumpeng serta kegiatan pentas seni yang pesertanya merupakan perwakilan dari tiap kelompok peserta. Keesokan harinya peserta mengikuti   kegiatan widegames berupa kegiatan perjalanan dengan mengikuti rute yang telah ditentukan, kemudian selama perjalanan diisi dengan kegiatan-kegiatan yang sifatnya melatih kebersamaan dan kekompakan peserta. Kegiatan bakti sosial dengan pemberian bingkisan Sebelum acara berakhir dilakukan kegiatan bakti sosial berupa pemberian sembako kepada warga masyarakat sekitar tempat perkemahan yang diberikan oleh mahasiswa langsung kepada warga yang membutuhkan.

Penutupan kegiatan Malam keakraban (Makrab) ditutup oleh Oman Somantri, M.Kom selaku Sekretaris Prodi D4 Teknik Informatika mewakili prodi. Didampingi Taufiq Abidin, S.Pd., M.Kom, dan T. Bayu Sasongko, S.Kom., M.Eng serta  Danar Ardian Pramana, M.Sc dosen sekaligus pendamping kegiatan dalam sambutannya mengatakan mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah membantu dalam pelaksanaan kegiatan ini, beliau juga mengharapkan setelah mengikuti kegiatan ini para peserta kegiatan dapat mempunyai pengalaman serta ilmu dari setia acara yang diikuti. “Ambilah setiap sisi positif dari kegiatan ini, jadilah mahasiswa yang siap dengan segala tantangannya dimasa depan”, pungkasnya. (Poltek/D4-TI)

@bunghasta
06 Oktober 2015 13:25:54 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan