Training Of Trainer & Training Of Community

Pengaturan keuangan khususnya pada rumah tangga itu sangat perlu, di karenakan dalam kehidupan berumah tangga harus bisa pintar-pintar mengatur keuangan agar pendapatan dan pengeluaran bisa seimbangoleh karena itu Politeknik Harapan Bersama bekerja sama dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaksanakan kegiatan Outreach dengan tema Training of Trainer dan Training of Community yang bertempat di aula gedung C kampus Politeknik Harapan Bersama. Dengan jumlah peserta 120 peserta diantaranya 20 trainer adalah mahasiswa Politeknik Harapan Bersama dan 100 peserta adalah komunitas nelayan di Kota Tegal, kegiatan tersebut berlangsung selama 2 hari yaitu tanggal 28-29 juli 2015 atau hari kamis - jumat.

Dalam sambutannya Direktur Mc Chambali, b. Eng. EE. M. Kom menyampaikan salah satu tujuan kegiatan ini yaitu Training of Trainers (ToT), memberikan pembekalan kepada fasilitator mengenai pengelolaan keuangan serta produk dan jasa keuangan sebagai persiapan dalam melakukan pelatihan dan pendampingan kepada masyarakat. Training of Community (ToC), memberikan pemahaman kepada masyarakat mengenai pengelolaan keuangan, produk dan jasa keuangan.

Menurut pembicara dalam kegiatan  ini yaitu Irma Agus Fitriani kepala bagian edukasi  OJK Jakarta kegiatan tersebut akan di tindak lanjuti dengan monitoring pada tanggal 30 Agustus, 30 September dan 31 Oktober 2016 yang bertujuan untuk memastikan pemahaman dan perubahan perilaku peserta ToC dalam mencatat dan menyusun keuangan pribadi dan usaha, menyusun laporan keuangan sederhana, memantau penggunaan produk keuangan mikro.

Pada akhir acara salah satu dari peserta dalam testimoninya yaitu Ibu Eka Agustina ,warga kecamatan panggung mengemukakan acara ini sangat bagus dengan tujuan yang baik di karenakan bisa membuka wawasan para ibu –ibu rumah tangga untuk bisa dengan pintar dalam mengatur keuangan khususnya dirumah tangga, agar pendapatan dan pengeluaran bisa seimbang. Narasumber dalam kegiatan TOT adalah berasal dari internal OJK dan eksternal OJK yang terdiri atas perwakilan dari Lembaga Jasa Keuangan (LJK). Dan inti dari kegiatan ini adalah:

  • Meningkatkan pemahaman masyarakat mengenai pengelolaan keuangan, kewirausahaan, produk dan/atau layanan jasa keuangan (manfaat, risiko, hak, kewajiban, dan biaya).
  • Mendorong masyarakat untuk menggunakan produk dan jasa keuangan yang sesuai kebutuhan.
  • Mendekatkan akses keuangan bagi masyarakat
@bunghasta
04 Agustus 2016 17:44:13 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan