“Workshop Kiat Sukses Lolos Interview”, Dorong Kualitas Lulusan Perhotelan PHB

Admin Humas 04 November 2021 18:31:12 WIB
Kemahasiswaan Politeknik Harapan Bersama Prodi DIII Perhotelan

Program studi (Prodi) D3 Perhotelan Politeknik Harapan Bersama (PHB) mengadakan workshop “Kiat Sukses Lolos Interview” yang khusus diikuti oleh puluhan mahasiswa semester 5 Prodi D3 Perhotelan PHB secara luring dengan menerapkan protokol kesehatan, pada Selasa (12/10/2021).

Ketua Prodi D3 Perhotelan PHB Hajar Adhayanti, S.E, MM.Par, dalam sambutannya menyampaikan, bahwa kegiatan workshop kali ini dilakukan untuk persiapan mahasiswa sebelum memasuki dunia kerja. “Tujuannya agar lulusan PHB secara kualitas baik dan unggul,” kata Hajar. 

Wakil Direktur 3 PHB Gunawan Adib Achmadi, S.Pt turut hadir memberikan motivasi kepada para mahasiswa yang mengikuti workshop. Dalam pemaparannya, dijelaskan bahwa interview merupakan salah satu hal penting dari serangkaian tahapan saat akan melamar pekerjaan. 

“Ada 3 hal yang perlu dikuasai, yang pertama kompetensi hard skill yang dikuasai saat menimba ilmu di perkuliahan, yang kedua yaitu mental yang tangguh, dan kepercayaan diri dalam menjawab dengan yakin, yang ke tiga kecakapan dalam berkomunikasi, dan leadership,” imbuhnya. 

Narasumber workshop BnF. Eka Widiyana, SE. CT. CAT, menuturkan terdapat 3 langkah penting yang menentukan interview yaitu, goal setting, preparing atau persiapan, dan processing

Menurut Eka goal setting yang harus dilakukan yaitu menentukan posisi dan perusahaan yang akan dilamar. Preparing/persiapan, lanjut Eka, menghadapi serangkaian interview diantaranya mengenali terlebih dahulu profil perusahaan yang dilamar, memahami job description, belajar mengenali diri sendiri, mempersiapkan dokumen penting, melakukan simulasi wawancara, dan mempersiapkan outfit terbaik. Kemudian processing interview merupakan tahap di mana gerbang penentu akan diterima atau tidaknya pelamar di suatu perusahaan.

“Untuk meningkatkan potensi dalam diri sendiri, kita perlu mengenal kekuatan dan kelemahan diri sendiri. Memahami kekhasan fisik, kepribadian, watak, mengenal bakat alami yang dimiliki, serta punya gambaran yang jelas mengenai diri dengan segala kekuatan dan kelemahannya,” tuturnya. (humas phb)

Admin Humas
04 November 2021 18:31:12 WIB
Share:

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan
Virtual Tour
Hubungi Kami