YUDISIUM KELULUSAN PRODI DIII TEKNIK MESIN


Pada hari jumat tanggal 6 agustus 2021, Program Studi DIII Teknik Mesin telah melaksanakan Yudisium Kelulusan Tahun Ajaran 2020/ 2021. Acara tersebut dilakukan daring (Online) menggunakan Google Meet. Rapat Yudisium Kelulusan dihadiri oleh Wakil Direktur I, P2M, BAA, dan Kaprodi Teknik Mesin. Adapun acara diawali Moderator yaitu bapak Khumaidi Usman, M.T., sambutan Kaprodi Teknik Mesin oleh bapak M. Taufik Qurohman, M.Pd., dilanjutkan Wakil Direktur I yaitu bapak Apt. Heru Nur Cahyo, M.Sc., sekaligus pembukaan acara yudisium kelulusan. Setelah acara tersebut moderator meminta Koordinator Akademik untuk memaparkan acara tersebut dan dilanjutkan oleh Kaprodi Teknik mesin. Pemaparan materi diawali oleh Koordinator Akademik yaitu visi dan misi Prodi Teknik Mesin, Tujuan Yudisium, Student Body berisi tentang regristrasi awal 2018, mahasiswa cuti, dan mahasiswa selesai TA. Selanjutnya prosentase angka drop out sebesar 23 mahasiswa atau 14%, angka tersebut masih dibawah 20% (angka maksimal Drop Out Kemdikbud). 

Selanjutnya proposal tugas akhir yaitu proses pelaksanaan tugas akhir dari persiapan tugas akhir, pembimbing tugas akhir, sampai penguji. Dilanjutkan kontrak pembimbing dan penguji, mahasiswa menentukan pembimbing dan tema tugas akhir. Kemudian pembuatan produk TA yaitu, Pengambilan dan Olah data Penelitian serta Pembuatan dan Bimbingan Laporan TA. Setelah itu masuk ke sidang TA yaitu Revisi Laporan TA, Laporan TA disetujui oleh Penguji, dan Evaluasi Pelaksanaan TA. Pada kesempatan ini Wakil Direktir I mengatakan bahwa terima kasih yudisium kelulusan sudah ilaksanakan dengan baik, penjelasan dan kesiapan TA sudah sangat baik, evaluasi diri TA, dan berkas kelengkapan lulusan.

Dari P2M diwakili oleh ibu Jurotun Nisa menjelaskan bahwa angka drop out sudah baik, kritik dan saran penilaian pembimbing TA harus detail/ komposisi nilai kedepan lebih di detailkan lagi. Kemudian dari BAA menjelaskan tracer studi mahasiswa 2020/2021 dimohon untuk segera diisi terkait Borang tahun 2023.

Diakhir materi, moderator membuat ringkasan yaitu yudisium kelulusan sudah berjalan dengan baik dan lancar. Harapannya untuk yudisium kelulusan 2021/ 2022 harus lebih baik lagi dari yang sekarang.

Admin Mesin.    

Tinggalkan Komentar

Email dan No. HP tidak akan kami publikasikan