Politeknik Harapan Bersama (PHB) terus mendorong terwujudnya karya nyata sivitas akademika dalam upaya meningkatkan kinerja industri nasional melalui pemanfaatan teknologi terkini dan inovasi. Terlebih saat ini, Indonesia tengah menghadapi perubahan sangat cepat karena efek transformasi digital di Era Disruptif dan Revolusi Industri 4.0. Hal tersebut yang mendorong Himpunan Mahasiswa Prodi D3 Komputer PHB menggelar acara Computer Expo and Competition (CEC) dengan tema Technology For Easily Human Life 2019 yang diadakan pada tanggal 24 – 27 Juni 2019, di Kampus 1 Politeknik Harapan Bersama.

Apresiasi Produk SMK

“Teknologi merupakan salah satu medium pendidikan yang mampu memberikan peluang bagi mahasiswa untuk mengembangkan nilai-nilai kecerdasan, keterampilan, pembelajaran, kreativitas dan motivasi,” ujar Direktur PHB Mc. Chambali, B.Eng., E.E., M.Kom. Chambali menambahkan kegiatan Computer Expo and Competition ini diharapkan dapat memberikan atau memunculkan ide kreatif yang dapat membantu mahasiswa dalam berkarya. Senada disampaikan Rais S.Pd, M.Kom Ketua Program Studi D3 Komputer, “Perguruan tinggi sebagai institusi pendidikan berkewajiban untuk mengembangkan ilmu pengetahuan di berbagai bidang seperti teknologi, termasuk mendorong dan mengapresiasi karya-karya yang telah dihasilkan oleh mahasiswa”.

PHB mengapresiasi karya-karya inovatif di bidang teknologi seperti halnya karya dari siswa SMK N 1 Slawi. Karya yang diberi nama Robochild dibuat oleh Setiawan Suyanto Sutrisno dan Amanda Ambar Oktaviana mendapat gelar Juara 3 pada ajang Lomba Produk Unggulan Berbasis Teknologi dalam acara Computer Expo and Competition. Sedangkan produk ELTIC 19 dan Pitikngoding karya mahasiswa PHB menduduki Juara 1 dan 2. “Robochild dibuat karena banyaknya peternak ayam di Tegal dan sekitarnya yang mengeluh hasil penetasan telur dari indukan unggas yang hidup hanya 50%. Dengan adanya produk ini diharapkan penetasan telur dapat meningkatkan hingga 80%,” ungkap Rais.