Untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guru dalam membuat sebuah Karya Tulis Ilmiah (KTI) yang berbasiskan Open Journal System (OJS), dosen program studi DIV Teknik Informatika Politeknik Harapan Bersama (PHB) yang diketuai oleh Dairoh,M.Sc melakukan Program Kemitraan dengan Direktorat Riset dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DRPM) Kemenristekdikti untuk tahun pelaksanaan 2019,  dengan sasaran mitra kelompok masyarakatnya adalah guru-guru SMKN 2 Kota Tegal.

Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 24 s.d 26 Juni 2019 bertempat di SMKN 2 Kota Tegal diikuti 40 Guru. Bentuk kegiatan ini  berupa workshop mengenai Penetapan Angka Kredit untuk pengusulan jabatan fungsional Guru yang diisi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Tegal Dr. Drs. Johardi, MM yang memberikan materi terkait dengan jabatan fungsional Guru, serta Dr. Purwo Susongko, M.Pd memberikan materi terkait dengan metode penelitian dan pelaporannya berbasis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) khususnya tata penulisan karya ilmiah serta proses pembuatan dan penggunaan sistem OJS diisi oleh tim pelaksana PKM.

Menurut Ketua Tim pelaksanaan pengabdian Dairoh, M.Sc yang didampingi para anggota tim Slamet Wiyono, S.Pd.,M.Eng dan Nurul Renaningtias, S.T.,M.Kom, menjelaskan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme seorang Guru. “Maka diwajibkan adanya pengembangan keprofesian yang berkelanjutan untuk meningkatkan kompetensi guru – guru di SMK Negeri 2 Kota Tegal,” ungkap Dairoh.

Keprofesian Guru

Jabatan fungsional akan melekat kepada Guru setelah memenuhi persyaratan-persyaratan yang telah ditentukan, untuk mendapatkan jenjang jabatan tersebut maka seorang Guru harus mengikuti program pengembangan keprofesian berkelanjutan seperti diantaranya adalah publikasi sebuah karya ilmiah penelitian.

Pada kesempatan itu kepala SMK N 2 Kota Tegal Sri Indrawati, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat penting bagi guru-guru yang saat ini akan mengajukan kenaikan jabatan fungsional. “Salah satu syaratnya adalah menerbitkan artikel ilmiah,” tegas Sri Indrawati. Turut hadir Ketua program studi D4 Teknik Informatika (PHB) bapak Ginanjar Wiro Sasmito,  M.Kom,  dan menyerahkan cinderamata untuk SMKN 2 Kota Tegal, “kegiatan pengabdian masyarakat merupakan salah satu kewajiban yang harus dilaksanakan oleh setiap dosen sebagai bagian dari tri dharma perguruan tinggi”, tegasnya.

Materi terkait dengan tata cara penulisan karya ilmiah serta proses pembuatannya dalam disampaikan oleh Yuni Arfiani, S.Pd.Si, MPd dan Oman Somantri, M.Kom di mana keduanya adalah anggota Relawan Jurnal Indonesia. “Dalam membuat karya ilmiah karya tulis ilmiah yang sesuai dengan guru adalah PTK. Kegiatan Penelitian Tindakan Kelas cukup efektif dan efisien karena dilakukan oleh guru dengan tetap melaksanakan tugasnya tanpa harus meninggalkan kelas, dan justru kelas di mana para guru mengajar adalah yang dijadikan objek penelitiannya,” tegas Oman.