ujikom kebidanan 2013TEGAL – Uji kompetensi (Ukom) yang dilaksanakan Kebidanan Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal tahun 2013 ini memberikan hasil memuaskan. Dari 146 mahasiswa, 92 persen diantaranya atau 134 mahasiswa langsung lulus. Selebihnya, melakukan uji ulang dan lulus 100 persen.
”Dilihat dari tingkat kelulusannya, tahun 2013 ini mengalami peningkatan dibandingkan sebelumnya bahkan untuk wilayah Tegal dan se-eks Karesidenan Pekalongan,” ungkap Iroma Maulida SKM MEpid, kepala Prodi D3 Kebidanan Poltek HB Tegal didampingi Ulfatul Latifah SKM, ketua pelaksana Ukom.
Ujian bersifat nasional yang dilaksanakan Jumat (16/8) lalu merupakan proses untuk mengukur pengetahuan, ketrampilan dan sikap mahasiswa kebidanan sesuai dengan standar profesi. Ukom ini merupakan salah satu upaya mempertahankan mutu lulusan bidan baru. Ujian ini dikelola pemerintah pusat oleh Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI) di bawah koordinasi MTKP Jawa Tengah dan Organisasi Profesi.
”Peserta yang lulus akan mendapatkan sertifikasi kompetensi sebagai bukti bidan memenuhi syarat bekerja dan digunakan untuk mengurus STR berlaku nasional,” tegasnya.
Iroma menambahkan, suksesnya Ukom ini tidak lepas dari semangat mahasiswa dan peran serta dosen Prodi Kebidanan yang telah memberikan bimbingan. Berbagai persiapan telah dilaksanakan seperti try out dan pembekalan kepada mahasiswa sehingga mereka terlatih dan terbiasa dalam menghadapi soal uji kompetensi tersebut.
”Alhamdulillah semuanya lancar, termasuk yang mengulang juga bisa lulus langsung. Karena ini tingkat nasional, dan kita termasuk unggul dibandingkan dengan kebidanan lain di eks-Karesidenan Pekalongan,” pungkasnya. (OMAN/KM)

Sumber 🙁 RADAR TEGAL )