1. KETUA PROGRAM STUDI

TUGAS POKOK

WEWENANG DAN TANGGUNG JAWAB

URAIAN TUGAS

Menyusun rencana, memberi petunjuk dan mengevaluasi pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pengajaran yang dilaksanakan dosen di lingkungan program studi berdasarkan ketentuan yang berlaku untuk kelancaran pelaksanaan tugas

1. Bertanggung jawab atas keseluruhan pelaksanaan kegiatan di Program Studi;

2. Mengusulkan staf yang akan duduk dalam jabatan struktural sekretaris prodi, kepala laboratorium dan koordinator laboratorium dll, sesuai kebut program studi;

3. Mengusulkan staf untuk melaksanakan kegiatan pendidikan, pelatihan, produksi, konsultansi dan rekayasa;

4. Mengusulkan staf yang kompeten untuk melaksanakan kegiatan yang berkaitan dengan pengembangan program studi;

5. Bertanggungjawab langsung bila pejabat struktural lainnya berhalangan hadir, sesuai dengan lingkup kerjanya.

1. Mengelola pemanfaatan seluruh sumber daya untuk pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi;

2. Menegakkan norma serta kebijakan yang ditetapkan oleh senat akademik dan pimpinan;

3. Melaksanakan pengembangan aset program studi yang disesuaikan dengan kebutuhan industri dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi;

4. Menetapkan rencana kerja dan mengevaluasi hasil pencapaiannya;

5. Melaporkan kinerja satuan kerja kepada pimpinan setiap 3 bulan;

6. Menilai prestasi dan kinerja sivitas akademik di program studinya

7. Melaksanakan pembinaan dan pengembangan sumber daya manusia di lingk Prodi

8. Melaksanakan koordinasi dengan satuan kerja lain;

9. Merumuskan rancangan anggaran pendapatan dan belanja;

10. Melaksanakan rancangan anggaran yang telah disetujui;

11. Melakukan evaluasi diri dan tindak lanjut evaluasi diri secara periodic

12. Melakukan evaluasi pengembangan kurikulum, silabus dan satuan acara perkuliahan;

13. Menjalin kerjasama dengan mitra untuk perbaikan kompetensi lulusan;

14. Memformulasi, mengukur dan mengevaluasi pencapaian kompetensi lulusan;

15. Mengimplementasikan sistem penjaminan mutu dilingkungan program studi;

16. Melaporkan aktivitas program studi secara periodic kepada kelompok dosen program studi.

17. Merencanakan Kalender Akademik

18. Mengusulkan SDM di lingkungan Prodi

19. Mengevaluasi Kegiatan Perkuliahan selama 1 semester

20. Membuat laporan evaluasi diri setiap tahun

2. SEKERTARIS PROGRAM STUDI

TUGAS POKOK

WEWENANG DAN TANGGUNG JAWAB

URAIAN TUGAS

Membantu tugas – tugas ketua program studi, penyelenggaraan administrasi jurusan yang berkaitan dengan staf/ pengajaran, mahasiswa dan kegiatan perkuliahan

1. Menegur staf/ pengajaran dan pegawai administrasi yang lalai dalam melaksanakan tugasnya

2. Menentukan Prioritas pekerjaan

3. Memaraf surat – surat dinas sesuai ketentuan

4. Kebenaran dan kelengkapan laporan pelaksanaan tugas

5. Kerahasiaan surat, dokumen, data dan informasi

6. Melaksanakan tugas dan wewenang ketua program studi atas perintah ketua bila ketua berhalangan

1. Menyusun kalender akademik dan memantau kelancaran pelaksanaan kegiatan

2. Menyiapkan kurikulum dan pengembangan kurikulum

3. Merencanakan kegiatan tiap semester : kontrak program, perkuliahan, ujian semester dan yudisium

4. Mengkoordinasikan dosen pengampu, distribusi mata kuliah dan beban kerja dosen

5. Mengkoordinasikan pembuatan silabus, SAP, handout/ modul

6. Merencanakan dan mengkoordinasikan kegiatan ujian akhir program dan uji kompetensi

7. Mengkoordinasikan pelaksanaan praktik klinik dan komunitas

8. Menentukan dosen pembimbing akademik/ praktik dan tugas akhir

9. Melakukan pengadministrasian dan pengendalian nilai mata kuliah mahasiswa

10. Melaksanakan evaluasi kegiatan perkuliahan, ujian , cuti, drop out

11. Memonitor kegiatan pembinaan kesejahteraan mahasiswa

12. Menyelesaikan permasalahan mahasiswa terkait dengan akademik

13. Mengimplementasikan system penjaminan mutu internal kampus dilingkungan program studi

14. Melaporkan aktivitas sekertaris program studi kepada ketua program studi

15. Membuat laporan evaluasi diri tiap tahun