dewan racana 3Dewan racana pramuka pendega Politeknik Harapan bersama Tegal siap bekerja dan siap menjalankan roda organisasi kepramukaan  yang ada dilingkungan Poltek Harber Tegal. Usai dilantik menjadi pengurus Dewan racana pendega rabu (3/12) kemarin , banyak hal yang pekerjaan rumah yang harus dikerjakan oleh pengurus yang baru dilantik ini sehingga roda organisasi kepramukaan di politeknik harapan bersama tegal dapat terus berjalan dan berkembang. Pelantikan dilaksanakan di ruang simulasi kampus I Poltek Harber Tegal jln. Mataram No.09 Tegal melalui prosesi upacara pelantikan.  Pada acara pelantikan tersebut selain para anggota pramuka calon Dewan Racana yang akan dilantik, hadir pula para pembina pramuka putra dan pembina  pramuka putri serta para anggota Mabigus yang berkenan untuk menyaksikan prosesi pelantikan, hadir pula perwakilan dari pengurus Dewan Kerja Cabang  (DKC) Kwarcab Kota Tegal.

Dalam kesempatan itu yang melantik adalah wakil ketua Mabigus  Umi Baroroh, S.SiT., M.Kes  yang mewakili Direktur politeknik Harapan Bersama tegal selaku Ka.Mabigus untuk memimpin prosesi pelantikan. Acara pelantikan pelaksanaannya diawali dengan proses tanya jawab dari Wakil Mabigus selaku pembina upacara kepada para calon anggota pengurus Dewan racana mengenai kesiapan mereka apakah siap dilantik atau tidak, setelah semua menyatakan kesiapannya maka dimulailah prosesi pelantikan yaitu dengan pengucapan sebuah ikrar ucap janji Trisatya Pramuka yang dipimpin langsung oleh pembina upacara dan diikuti oleh para calon pengurus Dewan racana. Upacara pelantikan ditutup  dengan do’a dan ucapan selamat dari para pembina serta para anggota Mabigus yang hadir .

Dalam sambutannya Umi Baroroh, S.Sit., M.Kes selaku Wakil Mabigus yang juga menjabat sebagai Pembantu Direktur III Poltek Harber Tegal ini mengatakan bahwa organisasi pramuka adalah organisasi yang dibentuk untuk mewadahi para pemuda dalam berkreasi dan mengembangkan diri. Sebagai pengurus dewan racana tentunya banyak hal yang menjadi PR kedepan dalam menjalankan organisasi ini supaya bisa bertahan dan terus berkembang, tambah beliau. “Anggota pramuka politeknik harapan bersama tegal harus bisa membuktikan bahwa bukan hanya prestasi di organisasi saja yang diperlihatkan tetapi prestasi akademik pun  berprestasi”, tegasnya. Berkreatif dan ulet dalam menjalankan setiap hal, tentunya pasti akan ada hasil yang bisa diwujudkan dan didapatkan, sebagai seorang anggota pramuka seperti itulah yang diharapkan, pungkas beliau.

dewan racana 2Adapun untuk pengurus dewan rancana yang baru untuk masa periode 2014/2015 yang baru saja dilantik, sebagai ketua  Dewan rancana putra di pegang oleh sdra Akhmad Ali Musonep dari jurusan D3 Akuntansi dan ketua dewan racana putri dipegang oleh sdri Ela Yani dari prodi D3 Kebidanan. Sebagai identitas gerakan pramuka, dilingkungan Poltek harber tegal racana putra diberi nama “Racana Satya Bakti” dan untuk racana putri diberikan nama “Racana Bakti pertiwi”.

Pada kesempatan itu pula Oman Somantri, S.Kom selaku Ka.Gudep Pramuka Racana Poltek Harber Tegal mengatakan bahwa sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang ada dilingkungan kampus, tentunya diharapkan setelah dilantiknya para pengurus dewan racana ini organisasi kepramukaan yang adalah dilingkungan Poltek harber tegal bisa berkembang. Beliau menambahkan Pramuka dapat bisa dijadikan sebagai sarana bagi mahasiswa dalam upaya meningkatkan kemampuan softskill yang dimilikinya. “ Di Pramuka banyak sekali kegiatan yang bisa diikuti, semuanya adalah untuk dapat mendukung pembentukan kreatifitas dan leadership para mahasiswa”, ungkap beliau. (Oman/PHB)