Salah satu masalah yang menjadi fokus perhatian P3M adalah bagaimana menggiatkan penelitian dan publikasi di kalangan civitas akademik sebagai wujud tri dharma perguruan tinggi serta mengurangi plagiasi dikalangan civitas akademik khususnya di bidang penelitian Dan Sebagai salah satu bentuk komitmen dalam mendukung kemandirian bangsa dalam penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi nasional, Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat menyelenggarakan Seminar Hasil Penelitian Dosen. Selain sebagai sarana publikasi ilmiah, kegiatan Seminar ini diharapkan dapat lebih meningkatkan peran serta Politeknik Harapan Bersama Tegal dalam penyebarluasan ilmu pengetahuan dan teknologi.

seminarhasilpenelitiandosen2016Salah satu agenda P3M dalam setiap semesternya adalah mengkoordinasi dan memfasilitasi terkait  informasi pembiayaan penelitian yang dibiayai oleh institusi kepada seluruh civitas akademik di lingkungan Politeknik Harapan Bersama. Dari tahun ke tahun proposal penelitian yang diajukan dengan pembiayaan oleh institusi mengalami peningkatan yang signifikan. Oleh karena itu, Sebagai wujud tanggung jawab dari para dosen (peneliti) dalam mengajukan  proposal penelitian, maka P3M di Politeknik Harapan Bersama Tegal perlu mengadakan seminar hasil penelitian dosen dilingkungan Politeknik Harapan Bersama yang telah mengajukan proposal penelitian dengan pembiayaan institusi.

Kegiatan Seminar Hasil dilaksanakan hari rabu tanggal 4 agustus 2016 bertempat di Gedung B Ruang L,M,N, dengan peserta Dosen Politeknik Harapan Bersama. Sedangkan untuk jumlah penelitian yang diseminarkan ada 23. Dengan rician 8 penelitian rumpun penelitian akuntansi, 7 rumpun teknik dan 8 penelitian kesehatan. Trima Mustofa,S.ST selaku ketua panitia seminar mengaharapkan penelitian yang dilakukan oleh Dosen PHB semakin tahun semakin meningkat kualitasnya, salah satu indikator dari meningkatnya kualitas adalah penelitian tersebut dalam dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi atau jurnal internasional. Indikator lainnya adalah penelitian tersebut menghasilkan karya ataupun produk yang dapat diHAKI kan.