tuk-akt-2016-25 November 2016  bertempat di Kampus Politeknik Harapan Bersama Tegal Gedung C Prodi Akuntansi melaksanakan Uji Kompetensi Akuntansi bagi mahasiswa semester 5, Uji kompetensi teknisi akuntansi kali ini diadakan 2 periode yaitu tgl 4-5 November 2016 dan 12-13 November 2016 dan diikuti oleh 433 mahasiswa prodi akuntansi PHB Tegal

Menurut Sekretaris Program Studi Akuntansi Yeni Priatna Sari, SE. M.Si, Ak, CA mengatakan bahwa dengan bergabung nya kita dengan Masyarakat Ekonomi Asean yg sdh dilaksanakan akhir Desember 2015, dibutuhkan adanya kesetaraan kompetensi untuk setiap profesi. Termasuk di Indonesia bahkan di Tegal, gaung MEA sudah di sikapi dengan baik dengan adanya uji kompetensi teknisi akuntansi untuk kompetensi pembuatan laporan keuangan berbasis SAK ETAP bagi mahasiswa Poltek Tegal.

tuk-akt-2016-1Menurut Direktur Politeknik Harapan Bersama Mc Chambali, B. Eng, E. E, M Kom PenyelenggaraanUji Kompetensi Akuntansi saat ini sangat dibutuhkan oleh para calon pekerja dibidang akuntansi.  Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dan berdaya saing tinggi diharapkan mampu terserap di dunia kerja maupun kreatif dalam melihat peluang usaha sehingga dapat meminimalkan angka pengangguran. Uji sertifikasi akuntansi ini dilaksanakan untuk mengukur tingkat penguasaan kompetensi mahasiswa di Program Keahlian Keuangan. Pelaksanaan uji sertifikasi oleh Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Teknisi Akuntansi dimaksudkan agar hasil uji tingkat penguasaan kompetensi peserta memiliki standardisasi yang diakui secara nasional. Hasil uji yang memiliki standardisasi dan dibuktikan dengan sertifikat kompetensi diharapkan dapat meningkatkan mutu dan nilai jual lulusan Prodi Akuntansi Politeknik Harapan Bersama Tegal.

Koordinator Asesor TUK (tempat Uji Kompetensi)  dari LSP _ TA Wibowo, SE, MM, M. Si Ak, CA mengatakan Dengan jumlah peserta 433 merupakan jumlah terbanyak se Indonesia, ada 13 asesor yang akan menguji kompetensi akuntansi di PHB Tegal antara dari politeknik Negeri Jakarta,  Fak Ekonomi UNdip, Politeknik Negeri Semarang, Politeknik Negeri Bandung.