Sebagai salah satu komitmen Politeknik Harapan Bersama Tegal terhadap peningkatan mutu pendidikan masyarakat kota tegal, maka tepatnya pada hari Rabu tanggal 29 Mei 2013 bertempat di lapangan basket kampus I Poltek Harapan Bersama Kota  Tegal telah digelar acara Open House yang salah satu acaranya yaitu berupa  pelatihan Motivasi bagi para siswa – siswi SMA/SMK sederajat se- kota Tegal dan sekitarnya. Kegiatan ini diselenggarakan bekerjasama dengan salah satu lembaga bimbingan belajar NEUTRON yang berkantor pusat di Yogjakarta, peserta yang mengikuti pelatihan ini sekitar 270 orang siswa – siswa sekolah SMA/SMK sederajat se-kota Tegal dan sekitarnya yang baru saja lulus ujian UN 2013.

Pada pembukaan acara tersebut, dalam sambutannya Bapak M.Teguh Prihandoyo, S.Kom selaku Pembantu Direktur I bidang akademik poltek Harber tegal yang mewakili Direktur Poltek Harber Tegal mengatakan bahwa kegiatan open house dan pelatihan motivasi ini adalah merupakan dalam rangka komitmen kami selaku institusi pendidikan Perguruan Tinggi dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan masyarakat kota tegal dan sekitarnya khususnya bagi para siswa sekolah. Kegiatan ini difokuskan untuk memberikan motivasi kepada para siswa sekolah khususnya para lulusan yang baru saja lulus sehingga mereka akan lebih mengetahui kearah mana mereka akan melangkah untuk meraih masa depannya, karena yang kita tahu sekarang ini banyak para lulusan SMA/SMK sederajat masih bingung setelah lulus mereka akan melakukan apa, bekerja kah ? kuliah kah? atau bekerja sambil kuliah. Inilah yang menjadikan kami merasa untuk perlu mengadakan kegiatan pelatihan motivasi ini, dengan cara ini diharapkan para lulusan SMA/SMK sederajat akan lebih mampu untuk membawa diri kearah mana mereka akan mencapai cita – cita mereka.

Dalam kesempatan itu pula Bapak Harsono, S.Kom selaku Pudir II Poltek harber tegal mengatakan dalam sambutannya memberikan informasi kepada para peserta open house bahwa dalam rangka memberikan motivasi kepada mahasiswa, politeknik Harapan Bersama Tegal selalu memberikan bantuan beasiswa kepada para mahasiswanya, terlebih mahasiswa tersebut telah berprestasi diantaranya berasal dari yayasan, kopertis, Dikti, dan yang lainnya. Dalam kesempatan itu pula beliau mengatakan bahwa politeknik akan selalu berkomitmen memberikan suatu kemampuan kepada mahasiswanya untuk menjadikannya mandiri, sehingga setelah lulus mereka mempunyai kemampuan problem solving yang bisa diandalkan.

Pada acara pembukaan itu pula, dalam sambutannya Ibu Erni Unggul Sedya Utami, SE.,M.Si selaku Pudir III bidang kemahasiswaan Poltek Harber Tegal mengatakan mengucapkan selamat kepada seluruh siswa yang hadir karena telah lulus mengikuti ujian dan lulus semuanya, serentak setelah ucapan itu seluruh peserta pelatihan motivasi-pun bersorak sorai dengan bangganya karena mereka semua telah lulus. “ Orang Cerdas adalah orang bisa menyeimbangkan antara kemampuan Hard Skill dan kemampuan Soft Skill-nya, orang pintar belum tentu bahwa dia cerdas, tapi orang cerdas pasti dia pintar“, itulah pesan yang disampaikan oleh Ibu Erni Unggul Sedya Utami, SE.,M.Si ibu dari satu orang anak ini kepada para peserta pelatihan.

Pada pelatihan ini pula untuk lebih memotivasi para peserta kegiatan, diundang pula beberapa alumni lulusan poltek harber yang telah berhasil dari berbagai jurusan untuk memberikan testimoninya terhadap Politeknik Harber Tegal, yang berasal dari Jurusan Kebidanan, Teknik Komputer, Farmasi, Teknik Elektro, Akuntansi, dan Teknik Mesin. “ Saya bangga bisa kuliah di Politeknik Harapan Bersama Tegal, setelah lulus kemudian karena berprestasi saya langsung diterima di ITB Bandung, mengingat politeknik Harber sudah bekerjasama dengan ITB bagi mahasiswa yang berprestasi maka bisa melanjutkan ke ITB S1-nya“ , itulah salah satu testimoni yang diutarakan oleh Abdul Rochim alumni D3 Teknik Komputer yang sekarang ini sudah bekerja sebagai Guru dan Dosen di kota Tegal.

So…. Let’s go to get’s our dreams…..!!   SEMANGAT….!!  (Oman/KM)