Dalam rangka menindaklanjuti hasil dari sosialisasi Area Kampus Bebas Asap Rokok dan Sosialiasi program fasilitasi perguruan tinggi dinas pendidikan yang diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah pada tanggal 20 s.d 21 Mei 2013, maka tepatnya pada hari Kamis tanggal 30 Mei 2013 bertempat di ruang simulasi kampus I Gedung A kampus Politeknik Harapan Bersama Tegal diadakanlah kegiatan acara sosialisasi Area Kampus Bebas Asap Rokok kepada para mahasiswa beserta perwakilan dosen dari setiap jurusan prodi yang ada di Poltek Harber Tegal , acara ini diikuti oleh sekitar 60 peserta. Selain itu, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh para Ketua Prodi masing – masing jurusan serta para perwakilan dari ORMAWA poltek Harber tegal termasuk BEM, BPM dan FKPM.

Bapak M.Teguh Prihandoyo, S.Kom selaku Pudir I yang mewakili Direktur Poltek Harber Tegal dalam sambutannya mengatakan program area kampus bebas asap rokok ini akan terwujud dan terlaksana apabila kita semua bekerjasama mewujudkannya, tanpa bekerjasama dan komitmen dari semua pihak maka program ini tidak akan  berjalan dan tidak akan sukses. Selain itu beliau juga mengatakan bahwa bagi kita semua yang merokok dan memang susah sulit sekali untuk berhenti merokok, merokoklah ditempat yang telah ditentukan dengan tidak merokok sembarangan di areal kampus apalagi di kelas. “Saya berharap setelah sosialisasi ini diharapkan kampus bersih dari polusi rokok dan puntung rokok, dan ketentuan ini berlaku untuk di semua areal kampus selain dari tempat yang telah ditetapkan “, itulah salah satu pesan dari  bapak Teguh Prihandoyo, S.Kom selaku Pudir I yang juga termasuk salah satu dosen favorit semua mahasiswa Poltek Harber  Tegal. Dalam sambutannya pula beliau meminta kepada semua pihak untuk mendukung program ini, selain memang rokok tidak baik untuk kesehatan, program ini merupakan komitmen Poltek Harber Tegal dalam rangka mendukung program pemerintah.

Pada kegiatan sosialisasi ini yang menjadi fasilitator untuk memberikan materi adalah Ibu Erni Unggul SU., SE,M.Si selaku Pudir III kemahasiswaan Poltek Harber Tegal dan Ibu Novia Luda Arisanti, S.ST salah satu dosen dari Kebidanan. Dalam kegiatan ini banyak para peserta yang sangat tertarik dan interest dengan materi yang disampaikan, ini terlihat dari banyaknya peserta yang bertanya mengenai program ini, terlebih dengan materi tentang akibat dari asap rokok . “Asap rokok sangatlah berbahaya bagi diri sendiri dan orang lain, perokok pasif (orang yang tidak merokok) lebih berbahaya daripada perokok aktif (yang merokok) hal ini bisa dilihat dari beberapa penelitian mengenai akibat dari asap rokok ini ”, salah satu pesan yang disampaikan oleh Ibu Novia Ludha A, S.ST pada saat pemberian materi . Beliau juga menambahkan bahwa sudah saatnya untuk mengimplementasikan program ini kita Poltek Harber Tegal bisa mempunyai Klinik untuk perokok.

Dalam pemberian materi lain, Ibu Erni Unggul SU, SE.M.Si mengatakan bahwa program kampus bebas dasi asap rokok ini merupakan komitmen dari Poltek Harber Tegal yang memang sebelumnya sudah dilakukan penandatanganan fakta integritas yang ditandatangai  oleh seluruh civitas akademika yang salah satu isinya menyebutkan bahwa “Kampus Poltek Harber Tegal adalah kampus yang bebas dari asap rokok” . Beliau juga mengatakan bahwa apabila anda perokok dan susah sekali untuk berhenti, maka jadilah seorang perokok yang cerdas, artinya pada saat merokok cerdaslah dalam memilih waktu dan tempat serta kapan anda merokok, merokoklah ditempat yang telah ditentukan agar tidak membawa dampak asapnya bagi yang tidak merokok.       

Save healthy with say no to smoking…   (oman/KM)