Sebuah acara akbar yang selalu dilaksanakan oleh Politeknik harapan Bersama Tegal setiap tahun ini merupakan acara rutin yang selalu ditunggu oleh seluruh mahasiswa dan civitas akademika Poltek harber Tegal. Puncak acara Dies Natalis yang ke-11 kali ini dilaksanakan selama 2 hari tepatnya pada hari rabu dan kamis (3-4/12) bertempat di lapangan basket Kampus I Politeknik Harapan Bersama Tegal, Jln Mataram No.09 Tegal. Rangkaian demi rangkaian acara telah dilaksanakan dalam rangka memperingati ulang tahun Poltek Harber Tegal, dimulai dengan kegiatan POM (Pekan Olahraga Mahasiswa), kegiatan gerak jalan santai, bazar, lomba fhotografi, lomba festival dan parade band, serta lomba dance dan kegiatan sosial lainnya.

Kegiatan untuk tahun kali ini, panitia kegiatan mengusung tema “Great Eleven : Think Smart For Better Conditional” yang memiliki makna berpikir cerdas untuk perubahan yang baru, ungkap Syaiful Arifin selaku ketua panitia kegiatan Dies Natalis. Banyak kegiatan yang kita laksanakan, dimulai dengan kegiatan POM (Pekan Olah Raga Mahasiswa) Poltek Harber Tegal yang sebelumnya telah dilaksanakan selama hampir seminggu pelaksanaannya, kemudian untuk puncak acara dies natalis yang ke-11 ini kita melaksanakannya selama 2 hari yaitu hari rabu dan kamis (3-4/12/2013) yang untuk tempat acaranya kita laksanakan di Kampus I Poltek Harber Tegal, tambah Syaiful yang merupakan salah satu mahasiswa D3 Akuntansi semester 2 Poltek Harber Tegal.

Puncak Gelaran acara Dies Natalis yang ke-11 dimulai dengan pembukaan yang dibuka langsung oleh Bapak Ir.MC.Chambali, B.Eng, M.Kom selaku Direktur Politeknik Harber Tegal dengan didampingi oleh Pudir I bapak Teguh Prihandoyo,S.Kom serta Pudir III ibu Erni Sedya Utami,SE,M.Si. Pembukaan puncak acara ini dibuka sekaligus berbarengan dengan acara kegiatan Gerak Jalan santai di pagi harinya pada hari Rabu (3/4). Kegiatan gerak jalan santai ini diikuti oleh seluruh civitas akademika poltek harber tegal dan seluruh Mahasiswa Poltek Tegal dan perwakilan dari anggota kepolisian Polres Kota Tegal serta Polsek Tegal Barat. Kapolsek Tegal Barat Ibu AKP Siti Murbani  dalam sambutannya mengatakan semoga dengan kegiatan gerak jalan santai yang seperti ini bisa menjadikan lembaga Kepolisian bisa menjadi lebih dekat lagi dengan masyarakat, khususnya dengan civitas akademika poltek Harber Tegal,ujarnya.

Dalam sambutannya, Bapak Direktur Poltek Harber Tegal mengatakan bahwa kegiatan ulang tahun Dies Natalis yang ke-11 kali ini merupakan sebuah pembuktian bahwa Politeknik Harber Tegal bisa berjaya serta dapat diterima oleh seluruh warga masyarakat Kota Tegal dan sekitarnya. “Saya berharap kita semua jangan sampai terlena dengan posisi keadaan kita sekarang ini, masih banyak tantangan kedepan yang  harus dihadapi, tapi saya yakin dengan kerja keras dan kekompakan kita bersama baik itu mahasiswa maupun seluruh civitas akademika kampus kita semua bisa menjadi lebih berjaya lagi dikemudian hari”, tambah beliau.

Terpisah, Pudir III Ibu Erni Unggul Sedya Utami, SE, M.Si mengatakan bahwa kegiatan Dien Natalis ini merupakan hajat atas rasa syukur kita seluruh mahasiswa serta civitas akademika Poltek Harber Tegal, pada usia kita yang ke-11 ini Poltek harber Tegal bisa menjadi Perguruan tinggi yang dapat bersaing dengan perguruan tinggi lain baik itu dari segi prestasi akademik maupun prestasi non akademiknya. “Dengan segala kreativitas dan kerja keras mahasiswa kita, akhirnya kegiatan ini bisa dilaksanakan dan sudah sepantasnya kita memberikan apresiasi terhadap panitia pelaksana dalam hal ini ORMAWA yang dapat dengan sukses bisa melaksanakan kegiatan ini”,tambah Ibu Erni.

Kegiatan acara hari pertama dibuka dengan kegiatan acara gerak jalan santai yang kemudian dilanjutkan dengan prosesi  pembagian undian hadiah bagi peserta gerak jalan, sembari di sela- sela acara dihibur oleh berbagai acara hiburan yang ditampilkan oleh para mahasiswa poltek Harber tegal. Setelah acara kegiatan gerak jalan selesai kemudian pada siang harinya diadakan lomba pestival Band yang diikuti oleh seluruh grup band yang ada di sekitar Kota Tegal,yang kemudian terpilih 3 grup band terbaik setelah dilakukan penilaian. Pada kesempatan itu pula untuk menghibur seluruh mahasiswa salah satu Dosen Poltek Harber Tegal dari Jurusan Teknik Komputer Pak Arfan Haqiqi Sulasmoro,S.Kom perform didepan para penonton membawakan beberapa lagu andalannya, serentak para penonton pun memberikan apresiasi dengan sangat antusiasnya, ” Wah…. dosen poltek Hebat….!!”,ujar salah satu mahasiswa diantara sekian banyak penonton. Selain pestival band, juga diadakan lomba Dance yang diikuti mahasiswa serta para grup dance yang berasal dari sekitar Kota Tegal menghasilkan 3 grup dance terbaik.

Hari kedua Dies Natalis kegiatan diawali dengan perform dari UKM Pencak silat serta UKM Karate,  kemudian dilanjutkan dengan acara parade band  yang diikuti oleh khusus mahasiswa Poltek harber Tegal serta perform dari 3 nominasi terbaik pestival grup band dan dance terbaik yang telah dilakukan penilaian sebelumnya pada hari pertama. Pada kesempatan itu pula Poltek Harber Tegal kedatangan tamu delegasi dari Perguruan Tinggi China yaitu dari Changde Vocational College Huang Zhencai, kedatangan mereka merupakan sebuah kebanggaan bagi civitas akademik karena politeknik menjadi salah satu perguruan tinggi yang dikunjungi.

Akhir acara diakhiri dengan pembagian hadiah bagi para pemenang lomba – lomba yang telah diadakan sebelumnya baik itu kegiatan POM maupun kegiatan yang diadakan berbarengan dengan acara puncak, selain itu pula terpilih beberapa mahasiswa terbaik Poltek harber Tegal yang merupakan mahasiswa berprestasi dari berbagai jurusan yang ada, diantaranya Teknik Komputer dan TKJ, Teknik Mesin, Teknik Elektro, Akuntansi, Kebidanan dan Farmasi.

(Oman-Very/KM)